Breaking

Sabtu, 25 Mei 2019

Bersinar di Level Dunia, Pele Tak Pernah Jajal Klub Eropa

Image result for Pele remaja saat membela Santos

KICAU4DLegenda asal Brasil, Pele, memiliki karier panjang sebagai pesepakbola. Kegemilangannya dalam mengolah kulit bundar pun bahkan tidak diragukan lagi. Berbagai rekor dan gelar yang ia raih baik individu maupun tim sudah tidak diragukan lagi berapa banyaknya.

Akan tetapi, sungguh mengherankan jika melihat fakta Pele tidak pernah berkarier di Eropa. Bukan hal asing lagi jika berkarier di Eropa bisa menjadi tolak ukur dari kesuksesan seorang pemain. Nama-nama pesepakbola besar selalu lahir dari para pemain yang berkompetisi di level Eropa. Namun, hal itu tak berlaku kepada Pele.
Pele mampu membesarkan namanya sebagai sepakbola dunia dengan caranya sendiri. Pada awal kemunculannya, banyak pihak yang mampu dibuat kagum oleh Pele. Bukan hanya dengan Santos, kehebatannya bersama Tim Nasional (Timnas) Brasil juga membuat banyak klub Eropa tertarik hati merekrutnya.
Setelah Piala Dunia 1958 dan 1962, klub-klub kaya di Eropa mencoba untuk meminangnya. Sebut saja seperti Real Madrid, Juventus, dan Manchester United mencoba untuk mendatangkannya. Tetapi, hal itu hanya sia-sia belaka.
Pada 1958, salah satu klub besar di Italia yakni Inter Milan nyaris merekrutnya. Klub tersebut berhasil mendapatkan kontak reguler Pele untuk melakukan komunikasi. Namun, lagi-lagi kesempatan yang datang itu tak membuahkan hasil.
Alhasil demi menjaga aset sang superstar, pada 1961 pemerintah Brasil membuat pernyataan yang cukup kontroversial. Pada pemerintahan Presiden Janio Quadros menyatakan Pele sebagai harta resmi nasional. Hal itu dilakukan untuk mencegah Pele pindah ke luar negeri.

Pele
Setelah 18 tahun mengabdi bersama Santos, Pele akhirnya memulai petualangan baru. Setelah musim 1974 berlalu, Pele menyatakan pensiun dari sepakbola klub Brasil. Hingga akhirnya perjalanan baru dihadapi Pele pada 1975.
Ia lepas dari semi pensiunnya itu dan kemudian bergabung bersama New York Cosmos untuk bermain di kompetisi North American Soccer League (NASL). Keberadaannya di Amerika Serikat pun luar biasa. Ia bisa dibilang menjadi pahlawan untuk kepopuleran sepakbola Amerika Serikat (AS). Pele dipuji karena mampu meningkatkan secara drastis kesadaran publik dan minat mereka terhadap olahraga sepakbola di AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar